Jangan Takut, Begini Cara Mudah TERNAK BURUNG PUYUH Bagi Pemula

ternak burung puyuhPeluang Ternak Puyuh

bertaniorganik.com – Cara Mudah TERNAK BURUNG PUYUH Bagi Pemula. Burung puyuh merupakan salah satu jenis burung yang berukuran kecil namun berbadan gemuk. Burung ini memakan-biji bijian, namun juga serangga dan mangsa berukuran kecil lainnya. Burung puyuh membuat sarang di permukaan tanah dan semak semak. Tidak seperti kebanyakan burung yang dapat terbang tinggi dalam jarak tempuh yang panjang, burung puyuh memiliki kemampuan lari dan terbang dengan kecepatan tinggi namun dengan jarak yang pendek. Dalam bahasa Jawa burung puyuh disebut dengan Gemak.

Pemanfaatan burung puyuh berupa dagingnya dan juga telurnya. Awalnya burung puyuh didapat dari perburuan di alam. Namun semakin terdesaknya habitat burung puyuh serta perburuan yang terus menerus menyebabkan populasi burung puyuh semakin habis. Sehingga orang mulai berfikir untuk mulai menernak burung puyuh.

Di pasaran permintaan akan telur serta daging burung puyuh terus meningkat, namun permintan yang tinggi belum sebanding dengan jumlah peternak yang masih terbilang sedikit. Hal ini tentu saja menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan untuk budidaya burung puyuh.

Beternak burung puyuh sebenarnya tidak terlalu sulit, asal kita mau tekun insya Allah berhasil. Nah jika anda tertarik untuk membudidayakan burung puyuh berikut langkah-langkahnya

Langkah-langkah Budidaya Puyuh

Berikut ini tahapan yang harus diperhatikan dalam usaha beternak puyuh

Pemilihan Lokasi Ternak Puyuh

Pemilihan lokasi ini sangat penting karena akan berpengaruh terhadap kondisi kesehatan dan perkembangan burung puyuh. Untuk beternak burung puyuh sebaiknya pilih lokasi sebagai berikut:

  • Mudah dijangkau dan strategis sehingga memudahkan dalam transportasi dan penjualan.
  • Jauh dari keramaian dan pemukiman penduduk serta jauh dari lingkungan yang bising.
  • Lokasi terbebas dari wabah penyakit.
  • Lokasi juga bebas dari banjir. Jika terpaksa rawan banjir sebaiknya kandang dibuat panggung dengan tiang yang kokoh dan cukup tinggi.

Persiapan Kandang Puyuh

Setelah kita memilih lokasi yang tepat, langkah selanjutnya adalah pembuatan kandang puyuh. Dalam pembuatan kandang puyuh sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Temperatur kandang. Temperatur kandang yang ideal adalah 20-25 derajat Celcius.
  • Penempatan pakan serta pembuatan lubang tempat masuk kepala puyuh harus sebaik mungkin, agar puyuh lebih leluasa ketika mengambil makanan.
  • Pada setiap lantai beri sekat berupa triplek yang digunakan untuk menampung kotoran dan untuk mempermudah membuang kotoran.
  • Pada bagian dinding gunakan kawat strimin atau jaring kawat untuk melancarkan sirkulasi udara.
  • Pada bagian bawah kandang, kaki-kaki kandang buatlah tinggi untuk mencegah puyuh terkena air atau lembab
  • Untuk tempat minum sebaiknya diletakan di samping dalam setiap lantai.
  • Untuk kandang indukan puyuh sebaiknya gunakan ukuran 2 x 0,5 meter dengan 5 lantai.

Tipe Kandang

Tipe kandang budidaya puyuh terdapat dua macam yaitu: Tipe kandang litter (lantai tanah dengan alas sekam) dan kandang sistem batere (sangkar). Untuk ukuran kandang setiap 1 m2 dapat diisi 900-100 ekor anak puyuh. Kemudian saat umur anak puyuh mencapai 10 hari sebaiknya anak puyuh dikurangi menjadi 60 ekor per m2 sampai berakhir masa anakan. Jika masa anakan selesai maka setiap 1 m2 maksimal menampung 40 ekor puyuh sampai memasuki masa bertelur.

Jenis Kandang Burung Puyuh

Dalam budidaya burung puyuh terdapat 4 jenis kandang yang biasa digunakan para peternak dengan fungsinya masing-masing:

Kandang Induk Pembibitan

Kandang ini berfungsi sebagai tempat indukan untuk pembibitan. Jenis kandang ini sangat berpengaruh terhadap produktifitas dan kualitas telur puyuh. Sebaiknya sesuaikan ukuran kandang dengan jumlah indukan yang dipelihara. Idealnya kandang puyuh yang digunakan untuk pembibitan  yaitu 1 ekor puyuh dewasa membutuhkan luas 200 m2.

  • Kandang Indukan Petelur

Kandang ini berfungsi sebagai tempat indukan yang akan menghasilkan telur yang akan kita jual. Ukuran kandang ini sama dengan ukuran kandang untuk induk pembibitan. Namun untuk jenis ini anda dapat menambah sedikit kepadatan puyuh dalam satu kandang.

  • Kandang Anak Puyuh

Kandang anak puyuh diperuntukkan bagi anak puyuh umur starter yaitu umur 1-2 atau 3 minggu. Sebagai kandang yang diperuntukkan bagi anak puyuh maka disyaratkan harus diberi lampu atau pemanas yang berfungsi menjaga kehangatan anak puyuh. Ukuran kandang yang ideal bagi jenis ini adalah PxLxT 100cm x 100cm x 40cm dengan tinggi kaki 50 cm (dapat menampung sekitar 90-100 anak puyuh).

  • Kandang grower dan layer

Jenis kandang ini diperuntukan bagi puyuh berusia grower (usia 3-6 minggu) dan layer (usia lebih dari 6 minggu). Untuk ukuran, bentuk, dan kapsitas puyuh pada kandang ini sama dengan jenis kandang untuk indukan petelur. Kandang jenis ini pada alasnya biasanya menggunakan kawat ram.

Persiapan Bibit Puyuh

Berdasarkan tujuan pemeliharaanya terdapat tiga jenis bibit puyuh:

  • Bibit Untuk Telur Konsumsi

Tujuan dari ternak ini adalah memproduksi telur yang akan dijual. Pilihlah puyuh jantan dan betina yang sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit sebelumnya.

  • Bibit Puyuh Untuk Pedaging

Tujuan ternak puyuh jenis ini adalah produksi daging puyuh. Pilihlah bibit puyuh jantan dan puyuh petelur afkiran.

  • Bibit Puyuh Penghasil Telur Tetas

Tujuan ternak puyuh di sini adalah menghasilkan telur untuk ditetaskan. Sebaiknya pilih bibit puyuh betina yang memiliki produktifitas telur yang baik dan untuk yang jantan pilih yang sehat dan sudah siap untuk dikawinkan.

Pemberian Pakan dan Minum Burung Puyuh

  • Untuk ternak puyuh dapat diberikan pakan berupa pellet, remah-remah serta tepung.
  • Pemberian pakan untuk anakkan sebaiknya 2 kali sehari pagi dan sore.
  • Untuk puyuh dewasa pemberian pakan dapat dilakukan 1 kali sehari di pagi hari. Untuk pemberian minum dapat dilakukan sepanjang hari.
  • Lakukan penggantian air minum setiap 1 hari sekali pagi atau sore. Pemberian pakan sebaiknya diberikan bersamaan dengan penggantian air minum.
  • Lakukan pembersihan kotoran setiap 3 hari sekali.

Panen Puyuh

Ini lah saat yang paling ditunggu para peternak puyuh. Untuk panen berupa telur sebaiknya dilakukan pada pagi hari sebelum diberi makan ( kurang lebih pukul 06.00). Pisahklan telur yang retak dengan yang utuh. Pisahkan juga berdasarkan ukuran, sehingga anda mempunyai tingkatan ukuran telur dan tentunya harganya pun berbeda.

Untuk pemanenan daging puyuh dapat dilakukan pada usia 30 hari. Tentu saja bobot puyuh harus mencapai kriteria permintaan.

Demikian Cara Ternak Puyuh Bagi Pemula yang mudah dilakukan dan pasti menguntungkan. Jangan lupa di share