Mengenal JENIS JENIS PISANG Untuk Membuat Keripik, Lengkap Dengan Gambar dan Ciri-cirinya

jenis pisang untuk membuat keripik

Manfaat Buah Pisang

bertaniorganik.com – Mengenal JENIS JENIS PISANG Untuk Membuat Keripik. Buah pisang merupakan salah satu buah yang paling banyak disukai masyarakat. Buah pisang memiliki rasa yang manis, kaya akan kandungan gizi, serta mudah didapatkan di semua tempat dengan harga yang relatif terjangkau. Buah pisang selain memiliki kandungan gizi yang tinggi, juga dapat diolah menjadi beragam olahan makanan. Salah satu olahan makanan dari buah pisang yang paling terkenal adalah keripik pisang.

Tapi ternyata tidak semua pisang dapat diolah menjadi keripik pisang. Untuk membuat keripik pisang yang lezat dengan tekstur renyah yang pas hanya beberapa jenis pisang saja yang dapat digunakan. Pisang yang akan digunakan untuk membuat keripik pun harus yang sudah tua tapi belum matang. Pisang harus memiliki kadar pati yang tinggi kurang lebih 16,5-19,5 %.

Lalu pisang apa saja yang dapat digunakan untuk membuat keripik?

Berikut ini admin sajikan jenis-jenis pisang yang dapat diolah menjadi keripik pisang yang lezat dan renyah. Tulisan ini admin rangkum dari berbagai sumber serta pengamatan langsung dari Produsen Keripik Pisang NUHA di Lampung (tempat tinggal admin) yang memang dikenal sebagai penghasil keripik pisang terbesar di Lampung yang produknya sudah diekspor ke berbagai Negara.

Jenis jenis Pisang Yang Cocok Dijadikan Keripik

  1. Pisang Nangka

keripik pisang nangka

Pisang Nangka atau dikenal juga dengan nama Pisang Raja Nangka memiliki cita rasa manis dengan sedikit rasa asam. Secara fisik pisang nangka memiliki ciri ciri kulit yang agak tebal, dengan warna daging kuning kemerahan. Pisang Nangka memiliki ukuran yang panjang sampai 28 cm.

2. Pisang Ambon

keripik pisang ambon

Pisang Ambon merupakan salah satu jenis pisang yang cocok untuk dijadikan keripik pisang. Selain itu pisang Ambon juga dapat dinikmati langsung ketika matang. Pisang Ambon memiliki ciri ciri :

~ Kulit pisang ambon berwarna kehijau-hijauan hingga kuning.

~ Memiliki daging tebal dan lembut.

~ Daging pisang ambon berwarna putih kekuning – kuningan.

~ Rasa pisang ambon manis

Terdapat dua jenis pisang ambon, yakni pisang ambon lumut dan pisang ambon kuning.

3. Pisang Tanduk

keripik pisang tanduk

Pisang tanduk memiliki ukuran yang panjang hingga 30 cm. Memiliki warna kulit hijau saat masih mentah dan berwarna kuning kemerahan dengan bintik-bintik coklat jika sudah matang. Pisang tanduk memiliki kulit yang cukup tebal dengan warna daging merah kekuningan. Rasa pisang tanduk manis dengan sedikit asam.

Jika ingin membuat keripik pisang yang memanjang, pisang tanduk ini sangat cocok karena bentuk buahnya yang panjang dibanding buah pisang jenis lain.

4. Pisang Kepok

keripik pisang kepok

Diantara pisang jenis lain, pisang kepok inilah yang menjadi primadona untuk membuat keripik. Harganya yang cukup tinggi sebanding dengan hasil akhirnya yang renyah dan cita rasa keripik yang manis gurih. Maka tak heran keripik pisang kepok paling diminati konsumen dengan harga jual keripik yang lumayan mahal.

Pisang kepok memiliki ciri ciri sebagai berikut:

~ Bentuk buah gepeng dan bersegi

~ Kulit buah pisang kepok tebal

~ Daging buah pisang kepok kecil

Ada beberapa jenis pisang kepok diantaranya, jenis pisang kepok kuning dan pisang kepok putih. Pisang kepok putih juga disebut pisang kapas.

Pisang kepok kuning memiliki daging yang lebih padat dan rasa pisang lebih manis dibanding pisang kepok putih. Sedangkan pisang kepok putih rasa dagingnya tidak semanis daging pisang kepok kuning dan buahnya tidak sepadat pisang kepok kuning.

Demikian jenis-jenis pisang yang dapat digunakan untuk membuat keripik pisang yang renyah dan manis gurih semoga bermanfaat.

Baca juga :

Cara Unik MENANAM PISANG Agar Memiliki Buah yang Beraneka Rasa (Coklat, Strawberry, dll)