22 Jenis Lovebird Paling Cantik di Indonesia LENGKAP Beserta Gambarnya

mengenal burung lovebirdCantiknya “si burung cinta” Lovebird

bertaniorganik.com –Burung cinta atau Lovebird saat ini memang sedang trend dan populer dikalangan para pecinta dan kolektor burung. Selain karena pemeliharaannya mudah Lovebird memiliki warna yang sangat indah dan cantik. Semakin langka warna Lovebird, harganya bisa semakin mahal.

Secara tradisional, Lovebird terdiri dari sembilan jenis : Lovebird Muka Salem (Agapornis roseicollis), Lovebird Topeng (Agapornis personata), Lovebird Nyasa (Agapornis lilianae), Lovebird Pipi Hitam (Agapornis nigrigenis), Lovebird Fischer (Agapornis fischeri), Lovebird Abisinia (Agapornis taranta), Lovebird Madagaskar (Agapornis cana), Lovebird Muka Merah (Agapornis Pullaria), dan Lovebird Kerah Hitam (Agapornis Swinderniana).

Namun saat ini, semakin beragam jenis lovebird baru yang dihasilkan dari berbagai persilangan yang dilakukan oleh para pembudidaya Lovebird. Lovebird-lovebird tersebut disilangkan untuk menghasilkan Lovebird dengan warna-warna bulu baru. Beberapa jenis Lovebird yang sering disilangkan untuk menghasilkan warna mutasi baru diantaranya, Lovebird Muka Salem, Lovebird Fischer, dan Lovebird Topeng.

Sedangkan Lovebird hasil persilangan itu antara lain, Lovebird Lutino, Lovebird Australian Cinnamon, Lovebird Biru Pastel, Lovebird Blorok/Pied, dan Lovebird Albino yang dihasilkan dari persilangan Lovebird Muka Salem. Sementara Lovebird Biru dihasilkan dari warna mutasi Lovebird Topeng.

Salah satu hasil mutasi Lovebird yang paling mengesankan adalah lovebird Parblue (Partial Blue). Lovebird jenis ini tergolong langka dan harganya sangat fantastis. Satu ekornya bisa dibanderol Rp 15-Rp20 jt.

Jenis jenis Lovebird Beserta Gambarnya

  1. Burung Lovebird Muka Salem (Agapornis roseicollis)

jenis jenis lovebird : lovebird muka salem

Lovebird Muka Salem banyak dijumpai di sebelah selatan Afrika, Namibia, dan Angola. Lovebird jenis ini mempunyai ciri bagian tubuh bagian bawah berwarna hijau kekuningan. Bulu dahi dan bagian belakang mata berwarna merah. Pada bagian pipi, leher, dan dada berwarna pink. Sementara, sayap Lovebird Muka Salem berwarna hijau, tapi bagian ujungnya berwarna kebiruan.

2. Burung Lovebird Topeng (Agapornis personata)

jenis jenis lovebird : lovebird topeng

Lovebird jenis ini disebut Lovebird Topeng karena mempunyai warna gelap di bagian mukanya. Awalnya burung ini ditemukan di timur laut Tanzania dan dikembangkan pertama kali di Kenya. Tubuh Lovebird Topeng memiliki dominan warna hijau. Namun pada bagian dada biasanya berwarna kuning. Bagi pemula mungkin agak kesulitan untuk membedakan mana jantan dan mana betina karena keduanya hampir mirip.

3. Burung Lovebird Nyasa ( Agapornis lilianae )

jenis jenis lovebird : lovebird nyasa/lilian

Lovebird Nyasa sering juga disebut Lovebird Lilian. Burung ini juga memiliki warna dominan hijau. Lovebird Lilian mempunyai hasil persilangan yang unik yaitu Lovebird Biru dan Lovebird Lutino. Lovebird Lilian atau Lovebird Nyasa banyak ditemukan di kawasan Tanzania, Malawi, Mozambik, Zambia Tenggara dan Zimbabwe Utara.

4. Burung Lovebird Pipi Hitam ( Agapornis nigrigenis )

jenis jenis lovebird : lovebird pipi hitam

Sekilas Lovebird Pipi Hitam hampir mirip dengan Lovebird Topeng. Namun jika dilihat dengan seksama burung ini, hanya pipinya saja yang berwarna hitam. Burung Lovebird Pipi Hitam memiliki warna hijau kekuning-kuningan pada hampir seluruh bagian tubuhnya. Di habitat aslinya burung ini menyukai tinggal di daerah hutan gugur di dekat perairan. Lovebird Pipi Hitam banyak ditemukan didaerah Zambia serta air terjun Victoria, dan Zimbabwe.

5. Burung Lovebird Fischer ( Agapornis fischeri)

lovebird fischeri

Burung yang pertama kali ditemukan oleh Gustav Fischer (seorang pria berkebangsaan Jerman) ini memiliki penampilan yang begitu cerah dengan perpaduan warna merah, orange, kuning, dan hijau. Lovebird Fischer banyak dikembangkan di Indonesia. Habitat asli Lovebird Fischer berada di daerah Afrika bagian timur, tengah, selatan, tenggara, dan danau Victoria Tanzania Utara.

6. Burung Lovebird Abisinia ( Agapornis taranta )

lovebird abisinia

Lovebird Abisinia termasuk jenis Lovebird yang memiliki ukuran tubuh paling besar diantara Lovebird yang lainnya. Warna tubuh Lovebird Abisinia terdiri dari perpaduan dua warna yakni hijau tua dan hitam. Yang menarik dari Lovebird Abisinia adalah warna dahinya yang orange kemerahan. Habitat asli Lovebird Abisinia berada di bagian selatan Eritrea sampai barat daya negara Ethiopia.

7. Burung Lovebird Madagaskar ( Agapornis cana )

lovebird madagaskar

Jika Lovebird Abisinia adalah jenis Lovebird paling besar, Lovebird Madagaskar justru kebalikannya. Lovebird Madagaskan memiliki ukuran tubuh paling kecil dibanding jenis Lovebird lainnya. Bobot tubuhnya hanya sekitar 30 gram saja. Selain ukurannya yang kecil warna tubuh Lovebird Madagaskar juga sangat mudah dikenali karena hanya terdiri dari kombinasi warna hijau dan abu abu saja. Burung ini tinggal di pulau Madagaskar dan sangat sulit menemukannya di Indonesia.

8. Burung Lovebird Muka Merah ( Agapornis pullaria )

lovebird muka merah

Sesuai dengan namanya, Lovebird ini memiliki muka dan dahi yang berwarna merah. Sementara bagian tubuhnya rata-rata memiliki warna hijau kekuning-kuningan. Burung Lovebird Muka Merah banyak ditemukan di pesisir pantai Afrika Tengah hingga bagian barat Ethiopia.

9. Burung Lovebird Kerah Hitam ( Agapornis swinderniana )

lovebird kerah hitam

Mengenali Lovebird Kerah Hitam bisa dilihat dari bagian kerahnya yang berwarna hitam dan lehernya yang berwarna kecoklatan. Namun di bagian tubuhnya masih dominan warna hijau. Ukuran tubuh Lovebird Kerah Hitam hampir sama dengan Lovebird Madagaskar. Namun bila disejajarkan masih lebih kecil ukuran Lovebird Madagaskar. Lovebird Kerah Hitam termasuk Lovebird langka. Jika ingin melihat jenis Lovebird ini kita dapat melihatnya di bagian khatulistiwa negara Afrika.

10. Burung Lovebird Pastel

lovebird pastel

Lovebird Pastel termasuk Lovebird favorit para pecinta Lovebird karena memiliki warna yang lebih soft atau kalem dibanding Lovebird jenis lain. Jika biasanya Lovebird memiliki warna hijau tua atau kuning, maka Lovebird Pastel memiliki warna hijau muda dan kuning muda. Terdapat tiga jenis Lovebird Pastel yang umum dijumpai di Indonesia, yaitu Lovebird Pastel Ijo (Pasjo), Lovebird Pastel Kuning (Paskun), dan Lovebird Pastel Biru (Pasblue).

11. Burung Lovebird Dilute

lovebird dilute

Lovebird Dilute sebenarnya termasuk jenis Lovebird Pastel. Namun warna yang dimiliki Lovebird Dilute lebih muda dari Lovebird Pastel. Lovebird Dilute sering disebut Lovebird yang memiliki warna bulu yang telah mencair.

12. Burung Lovebird Cobalt

lovebird cobalt

Lovebird Cobalt sering disebut Lovebird Biru. Karena hampir keseluruhan bagian tubuhnya berwarna biru (seperti telur bebek). Hanya di bagian kepala hingga leher saja berwarna abu abu.

13. Burung Lovebird Batman

lovebird batman

Mungkin karena warnanya mirip Super Hero Batman, jadi burung ini dinamakan Lovebird Batman. Lovebird Batman memiliki warna yang cenderung gelap yaitu abu abu dan putih. Meski tidak sepenuhnya berwarna hitam atau gelap. Lovebird Batman kalau dewasa terlihat mirip batman, karena bagian sayapnya akan berubah menjadi hitam pekat.

14. Burung Lovebird Merah

lovebird merah

Lovebird Merah merupakan warna mutasi dari burung Lovebird jenis  lain. Namun untuk mendapatkan jenis Lovebird Merah sangat sulit sekali. Kalaupun ada biasanya bulunya bercampur dengan warna lain seperti orange, kuning, dan putih. Harga Lovebird Merah lumayan mahal. Untuk Lovebird Merah yang masih muda saja harganya bisa menfcapai 1 jutaan. Itupun Lovebird Merah Blorok atau tercampur warna lain. Kalau warnanya merah polos harganya bisa lebih mahal.

15. Burung Lovebird Albino

lovebird albino

Jika mendengar kata albino pasti sudah terbayang kan warnanya? ya Lovebird Albino memiliki bulu berwarna putih polos. Burung Lovebird Albino cukup langka. Namun harganya tidak semahal Lovebird Merah. Jika Lovebird Merah harganya mencapai 1 jutaan, Lovebird Albino mungkin sekitar 700 ribuan.

16. Burung Lovebird Olive

lovebird olive

Lovebird Olive memiliki warna hijau sangat tua pada bagian dada, sayap, punggung, hingga ujung ekor. Sedangkan pada bagian kepala biasanya berwarna orange, kuning, dan pink. Lovebird Olive merupakan satu diantara tiga jenis Lovebird berwarna hijau. Tiga Lovebird berwarna hijau tersebut adalah Lovebird warna Hijau Standart atau Wild Colour, Lovebird warna Dark Green (Hijau Tua), dan Double Dark Green (Hijau Sangat Tua) atau yang sering Olive.

17. Burung Lovebird Parblue

lovebird parblue

Lovebird Parblue merupakan singkatan dari Partial Blue. Lovebird Parblue atau Partial Blue berarti memiliki warna bulu yang sebagian biru namun paada bagian kepala biasanya memiliki warna kontras seperti kuning, orange, dan putih. Lovebird Parblue awalnya ditemukan oleh Felix de valle dari Amerika. Jenis Lovebird Parblue yang paling terkenal adalah Lovebird Fischer Parblue dan Lovebird Personata Parblue.

18. Burung Lovebird Blorok

lovebird blorok

Salah satu jenis Lovebird yang unik adalah Lovebird Blorok. Hal ini karena tidak ada warna dominan pada bulunya. Warna bulu pada Lovebird Blorok merupakan percampuran beberapa warna yang tidak terlihat mencolok, biasanya semburat antara warna putih dengan warna lain. Bebrapa jenis Lovebird Blorok diantaranya Lovebird Parblue Blorok dan Lovebird Merah Blorok.

19. Lovebird Halfsider

lovebird halfsider

Lovebird Halfsider memiliki warna yang unik, yakni setengah warna putih dan setengah warna kuning. Jadi apabila dilihat dari samping akan seperti melihat dua ekor burung dalam satu sangkar. Posisi perpaduan bulunya pun tepat berada di tengah-tengah garis tubuhnya sehingga semakin menambah sisi keunikannya. Namun Lovebird Halfsider menjadi Lovebird paling langka karena sangat sulit untuk dikembangkan. Kalau soal harga, bisa ditebak. Harga satu ekor Lovebird Halfsider bisa sampai 20 kali lipat dari harga Lovebird biasa.

20. Lovebird Lutino

lovebird lutino

Lovebird Lutino memiliki perpaduan warna dominan kuning dan merah. Biasanya bagian kepala berwarna merah atau orange sementara bagian tubuhnya berwarna kuning. Karena warnanya yang cerah Lovebird Lutino memiliki nilai jual yang cukup fantastis. Lovebird Lutino yang berusia 2-3 bulan bisa dibanderol harga sampai Rp 2 jutaan. Sementara yang berusia 5-6 bulan bisa mencapai 7 jutaan. Lovebird Lutino juga sering diikutkan lomba, terutama untuk kategori kecantikan dan kicauan.

21. Lovebird Australian Cinnamon

lovebird autralian cinnamon

Lovebird Australia Cinnamon ini hampir mirip dengan Lovebird Pastel, karena memiliki warna bulu yang soft dan kalem. Namun bila disejajarkan warna Australian Cinnamon terlihat lebih soft. Jika dilihat dari kejauhan, varian warna Australian Cinnamon tidak akan terlihat dan hanya terlihat warna putih saja. Namun jika dilihat dari dekat akan terlihat jelas varian warnanya yang lebih muda dibanding warna bulu lovebird lainnya.

22. Lovebird Biru Violet

lovebird biru violet

Lovebird Biru Violet merupakan Lovebird yang mirip dengan Lovebird Cobalt. Lovebird Biru Violet juga memiliki bulu berwarna biru seperti Cobalt. Namun pada bagian kepalanya berwarna hitam serta memiliki kacamata yang indah. Pada bagian leher dan dada Lovebird Biru Violet biasanya berwarna putih.

Demikian jenis-jenis Lovebird paling cantik yang berhasil admin rangkum. Sebenarnya di luar sana masih banyak jenis-jenis Lovebird cantik lain yang belum sempat admin tulis. Apalagi kini makin banyak pecinta Lovebird yang makin kreatif sehingga makin banyak bermunculan Lovebird Lovebird cantik dengan warna yang aduhay. Terima kasih.

Baca Artikel Terkait :