Cara Mengatasi Tanaman Kelengkeng Yang Tidak Berbuah

Kenapa Tanaman Kelengkeng Anda Sulit Berbuah?

buah kelengkeng
buah kelengkeng

WWW.BERTANIORGANIK.COM — Cara Mengatasi Tanaman Kelengkeng Yang Tidak Berbuah — Buah kelengkeng merupakan salah satu buah favorit, karena rasanya yang manis dan lezat. Namun sayang harganya lumayan mahal. Sehingga banyak masyarakat yang kemudian menanamnya sendiri di pekarangan maupun halaman rumah.

Daunnya yang rimbun dan cabangnya yang rindang tentu bikin halaman rumah jadi teduh. Tapi kadang kita merasa sudah beli bibit yang katanya unggul, bibit super, setelah kita tanam bertahun tahun ternyata kelengkeng kita tidak berbuah, berbuah tapi hanya sedikit, hanya daun dan cabangnya saja yang tumbuh subur. Nah pada artikel kali ini admin ingin berbagi tips agar pohon kelengkeng anda dapat cepat berbuah dengan lebat

Penyebab Pohon Kelengkeng Tidak Berbuah

pohon kelengkeng berbuah sedikit
pohon kelengkeng berbuah sedikit

Banyak orang berharap dengan menanam pohon kelengkeng sendiri di rumah dapat menikmati buah kelengkeng yang manis dan lezat tanpa harus repot-repot membeli. Tapi setelah bertahun-tahun ternyata buah kelengkeng yang ditunggu-tunggu tak kunjung muncul. Kalaupun ada buahnya ternyata sangat sedikit. Setelah berbagai cara dicoba tak membuahkan hasil banyak, akhirnya banyak yang kemudian frustasi dan menebang habis pohon kelengkeng miliknya.

Jika anda punya pohon kelengkeng di rumah yang tidak berbuah lebat, jangan buru-buru ditebang. Masih ada cara agar pohon kelengkeng anda bisa berbuah lebat. Tapi sebelum itu sebaiknya kenali dulu faktor penyebab pohon kelengkeng anda tidak dapat berbuah seperti yang diharapkan. Faktor-faktor itu antara lain lokasi dan ketinggian tempat penanaman, kesuburan tanah, dan asal bibit kelengkeng.

Pohon kelengkeng termasuk pohon yang sangat peka terhadap kondisi dan ketinggian tanah serta iklim. Jika kondisi suhu dan kelembaban serta ketinggian tanah tidak sesuai besar kemungkinan kelengkeng akan sulit berbuah. Ada dua jenis kelengkeng yaitu kelengkeng dataran rendah dan dataran tinggi.

Jika anda menanam kelengkeng dataran tinggi, biasanya kelengkeng ini akan sulit berbuah secara alami. Untuk pembuahan biasanya kelengkeng jenis ini dibantu dengan aplikasi pupuk dan hormon. Dengan aplikasi penambahan pupuk dan hormon pembuahan kelengkeng dapat diatur. Bibit kelengkeng dataran tinggi misalnya kelengkeng Itoh, kelengkeng Khiew yee, kelengkeng Sri Chompu, kelengkeng Beaw Keaw, kelengkeng Phuan Mane / Kristal, kelengkeng Phuan Thong, dan kelengkeng Kaisar. Sedangkan kelengkeng dataran rendah dapat berbuah secara alami tanpa perlakuan khusus, contoh lengkeng pingpong dan lengkeng diamond river.

Cara Agar Tanaman Kelengkeng Berbuah Lebat

pohon kelengkeng berbuah lebat
pohon kelengkeng berbuah lebat

Untuk mendapatkan tanaman kelengkeng yang berbuah lebat  lakukan langkah iberikut ini:

  • Jika kita sudah menanam kelengkeng dengan waktu yang cukup lama biasanya kita akan hapal kapan waktunya kelengkeng akan berbuah. Langkah ini sebaiknya dilakukan 3 atau 4 bulan sebelum kelengkeng berbunga langkah pertama lakukan penyiraman hingga jenuh secara rutin 3 hari sekali.
  • Pupuklah tanaman kelengkeng dengan pupuk kandang yang banyak. Pupuk kandang yang terbaik adalah dari kotoran kambing karena banyak mengandung fosfor.
  • Bulan berikutnya semprotkan atau taburkan ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) di pangkal batang kelengkeng.
  • Bulan selanjutnya pupuk secara rutin pohon kelengkeng menggunakan pupuk NPK fertilizer 12 12 44.
  • Langkah terakhir adalah pemangkasan. Pemangkasan ini bertujuan untuk mengurangi jumlah daun sehingga nutrisi yang diserap pohoin kelengkeng tidak habis di daun tetapi dapat dialihkan ke pembungaan dan pembuahan. Untuk pemangkasan sebaiknya bilih dahan yang kondisi jelek dan mengganggu.

Demikian cara mengatasi tanaman kelengkeng yang tidak mau berbuah semoga bermanfaat.