Mengenal Manfaat dan Khasiat Kayu Gaharu [si pohon 100 juta] Secara Lengkap

Tanaman Gaharu

manfaat kayu gaharu
manfaat kayu gaharu

WWW.BERTANIORGANIK.COM — Tanaman gaharu merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak tumbuh di hutan Indonesia. Tanaman gaharu dimanfaatkan resinnya atau gubal yang berbau wangi dan beraroma khas. Resin ini biasanya di panen dari pohon gaharu yang berusia 25 tahun lebih yang diambil dari hutan-hutan di Indonesia.

Namun dengan perkembangan teknologi serta kesadaran akan dampak kerusakan akibat perburuan liar gaharu dari hutan, kini pohon gaharu mulai dibudidayakan di ladang-ladang dan kebun-kebun masyarakat. Pemanenan gaharu pun tidak harus menunggu 25 tahun. Dengan teknik inokulasi dalam waktu 7 tahun gaharu sudah dapat dipanen.

Tanaman gaharu saat ini tengah naik daun, karena harga jualnya yang sangat fantastis. 1 kg resin atau disebut gubal gaharu bisa mencapai 100-200 juta bahkan lebih. Tergantung dari kualitas gubal yang di panen. Mendengar harganya tentu anda akan berfikir pasti mustahil, pasti ini penipuan. Mungkin anda juga bertanya-tanya kenapa harganya sampai segitu dahsyat. Apa manfaat dari gaharu?

Kayu Gaharu memiliki kandungan resin wangi yang akan mengeluarkan aroma yang khas dan kuat. Aromanya itulah yang sangat digemari oleh sebagian basar masyarakat di Timur Tengah, Uni Emirat, Saudi Arabia, Yaman, Korea , Oman, Jepang  dan daratan Cina. Selain itu, kayu serta daun gaharu juga memiliki manfaat lain untuk berbagai kebutuhan lainnya.

Manfaat Kayu Gaharu Bagi Manusia

Selama ini kayu gaharu banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam industri parfum berkelas tinggi, obat-obatan, kosmetika, pengawet, keperluan keagamaan, serta ritual mistis. Kayu gaharu sudah lama digunakan oleh penganut agama khususnya Hindu dan Budha.

manfaat kayu gaharu untuk membuat tasbih
manfaat kayu gaharu untuk membuat tasbih

Bagian kayu gaharu yang memiliki khasiat utama adalah gubal gaharu. Gubal gaharu memiliki aroma dan wangi yang sangat kuat dan khas. Secara umum kayu gaharu memiliki manfaat sebagai berikut, diantaranya:

  • Manfaat kayu gaharu untuk keagamaan. Kayu gaharu sudah lama dimanfaatkan sebagai sarana pelengkap dan media untuk kegiatan kebudayaan agama-agama besar di dunia (terutama agama Budha, Islam, Hindu, Nashrani, Konghucu,dan lainnya). Kayu gaharu dimanfaatkan sebagai bahan pembuat dupa maupun untuk membuat tasbih.
  • Gubal gaharu merupakan bahan baku parfum berkelas tinggi, karena memiliki bau wangi yang kuat, dengan ciri khas alami dan lebih tahan lama.
  • Di bidang kosmetik, kayu gaharu dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan sabun, shampoo dan lain sebagainya.Sebagai koleksi pribadi maupun untuk barang yang dianggap sangat bernilai dan bermutu jual yang lumayan tinggi, kayu gaharu dibuat sebagai gelang, kalung dll.
  • Sudah lama masyarakat memanfaatkan kayu gaharu untuk kesehatan. Biasanya masyarakat menggunakan kayu gaharu yang dihaluskan sebagai bahan membuat obat-obatan herbal atau alami. Bahkan kini kayu gaharu sudah diekstrak menjadi obat herbal yang praktis siap minum. Kayu gaharu memiliki peran dalam bidang kesehatan untuk melegakan sistem pernafasan bagi penderita yang lelah, letih dan batuk, pengobat kanker, mengobati insomnia, sebagai pengontrol kandungan gula darah bagi penderita diabetes, merawat sistem limfa, menstabilkan tekanan darah tinggi, mengobati sembelit, mencret, maupun masuk angin, pengobat ginjal, kayu gaharu berperan sebagai anti-mikroba, juga stimulan kerja pada saraf.
  • Dengan aroma dan wanginya yang kuat dan khas kayu gaharu juga dimanfaatkan untuk membuat aroma terapi. Sebagai bahan membuat aroma terapi kayu gaharu berperan sebagai penghilang kecemasan dan depresi yang dirasakan. Aromaterapi dari kayu gaharu tahan hingga 12 jam kedepan.

Selain kayu dan gubalnya, daun gaharu juga dimanfatkan untuk kesehatan seperti pembuatan teh daun gaharu dll.

Demikian Mengenal Manfaat dan Khasiat Kayu Gaharu [si pohon 100 juta] Secara Lengkapsemoga bermanfaat jangan lupa di share .

Setelah membaca artikel ini, mungkin anda tertarik membaca artikel menarik lainnya: