Begini Cara Mengganti Air Kolam Lele Dengan Benar Agar Lele Tidak Stress

Mengapa Mengganti Air Kolam Lele Penting Dilakukan?

ikan yang stress mengeluarkan buih
ikan yang stress mengeluarkan buih

WWW.BERTANIORGANIK.COM — Dalam budidaya ikan lele baik pembesaran maupun pembenihan selalu ada waktunya untuk melakukan penggantian air kolam atau membuang sebagian air secara berkala. Mengapa hal itu penting dilakukan?

  • Mengganti Air kolam lele dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti ikan sudah merasa tidak nyaman lagi di kolam tersebut, dengan ciri-ciri ikan menggantung dan napsu makan ikan mulai berkurang.
  • Mengganti air diperlukan untuk menyeimbangkan kembali bakteri yang terdapat dalam kolam, biasanya ini dilakukan oleh pembudidaya lele ketika ikan mulai terserang penyakit.
  • Mengurangi racun dan amoniak dari sisa-sisa pakan dan metabolisme ikan yang dapat menyebabkan bau menyengat pada kolam.
  • Menjaga kesehatan lele karena racun dan amoniak yang menumpuk berkurang.

PRAKTIS Cara Membuat Arang Sekam Padi, Lengkap Beserta Manfaat dan Kandungannya

Cara Menanam Buah Naga Dalam Pot Yang Benar Agar Cepat Berbuah [9 BULAN LANGSUNG PANEN]

Cara Mengganti Air Kolam Lele Yang Benar

  • Sebelum melakukan penggantian air sebaiknya cek kondisi ikan terlebih dahulu. Untuk mengecek kondisi kesehatan ikan bisa dilihat dari beberapa gerakan ataupun kumis ikan lele.
  • Waktu penggantian air sebaiknya pagi atau sore hari.
  • Sebelum penggantian air sebaiknya puasakan ikan minimal 12 jam. Misalnya jika kita ingin mengganti air pada waktu sore sebaiknya ikan jangan diberi makan pada pagi harinya. Hal ini tujuannya agar ikan tidak stres. Jika lele sudah kita beri makan kemudian kita melakukan penggantian air, lele akan muntah akibat perubahan suhu dan lele akan mati.
  • Buang air kolam 30-50% dari kondisi air normal kemudian isi kembali dengan air baru.
  • Setelah penggantian air kolam lele sebaiknya jangan beri makan lele selama 1×24 jam. Jika dipaksakan lele akan stres, lele akan mengeluarkan buih-buih seperti busa dan akan mati.

Terima kasih sudah membaca Begini Cara Mengganti Air Kolam Lele Dengan Benar Agar Lele Tidak Stresssemoga bermanfaat, jangan lupa bagikan kepada yang lain.

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK YANG LAIN: