Panduan Budidaya Pepaya California, Panen Rupiah Dari Varietas Pepaya Termahal

Cara Sukses Menanam Pepaya California

sukses menanam pepaya california
sukses menanam pepaya california

bertaniorganik.com Saat ini Pepaya California masih menjadi salah satu buah yang paling diminati oleh masyarakat indonesia. Hal ini dapat dilihat dari besarnya permintaan pasar di Indonesia akan buah ini, baik pasar tradisional maupun modern.

Pepaya California memiliki beberapa keunggulan dibanding jenis pepaya lain, warnanya lebih cerah, ukurannya lebih panjang, dan buahnya lebih tebal. Dari hasil panen pepaya california juga lebih unggul dibanding varietas lain. Selain itu dipasaran harga pepaya california juga lebih tinggi dibanding pepaya jenis lain. Itulah kenapa banyak petani yang mulai melirik potensi bisnis ini. Mungkin anda salah satunya.

Nah jika anda tertarik untuk berbudidaya Pepaya California? Ikuti terus artikel ini.

Apa Itu Pepaya California

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan nama Pepaya California. Kalau dari namanya mungkin anda akan mengira Pepaya California berasal dari California Amerika Serikat. Namun tahukah anda Pepaya California merupakan varietas lokal asli Indonesia?

Pepaya California merupakan salah satu varietas pepaya hasil pemuliaan oleh tim Pusat Kajian Holtikultura Tropika Istitut Pertanian Bogor (PKHT ITB) dengan nama asli Callina. Namun mungkin karena strategi pemasaran, para para peagang lebih sering menyebutnya dengan nama Pepaya California. Sehingga tidak heran heran banyak orang terkecoh dengan nama ini.

Peluang Bisnis Budidaya Pepaya California

Nah jika anda mulai tertarik untuk berbudidaya Pepaya Callina atau California ini tidak ada salahnya anda untuk tahu peluang bisnis dan keuntungan dari sibuah ini. Sehingga anda makin bersemangat untuk segera menanam sang pepaya primadona ini.

  • Tanaman pepaya california merupakan jenis tanaman yang cenderung mudah tumbuh, jadi resiko kegagalannya pun relatif kecil.
  • Pepaya California berumur genjah yang bisa dipanen pada usia 7-9 bulan dari masa tanam dengan frekuensi panen 4 kali per bulan dan masa produktifitas mencapai 4 tahun.
  • Potensi panen Pepaya California bisa mencapai 2-3 ton per hektar atau minimal 12 ton per hektar per bulan.
  • Tanaman Pepaya Callina atau California tidak membutuhkan iklim khusus sehingga dengan mudah menanamnya dengan memanfaatkan pekarangan kosong kita maupun ditanam dalam pot.

Syarat Tumbuh Tanaman Pepaya California

Pepaya California cocok dibudidayakan pada dataran rendah maupun tinggi hingga 700m dpl. Tanaman pepaya California menyukai kondisi tanah yang subur dan sedikit berpasir. Suhu yang paling bagus untuk pertumbuhan Pepaya California adalah sekitar 25 hingga 30 derajat celcius dengan tingkat curah hujan yang mencapai 1000 hingga 2000 mm per tahunnya. Untuk kelembapan udara, Pepaya California sangat cocok dengan tingkat kelembapan sekitar 40% dan ph tanah 6-7.

Langkah langkah Budidaya Pepaya California

Penyemaian Biji Pepaya California.

  • Sebelum memulai penanaman hal pertama yang kita lakukan adalah pembibitan dan penyemaian benih pepaya.
  • Siapkan biji Pepaya California dengan kualitas bagus bisa benih dari toko pertanian atau dari pembenihan sendiri.
  • Rendam biji Pepaya California dalam air hangat kuku selama satu malam.
  • Setelah biji direndam ambil biji yang tenggelam dan sisihkan biji yang mengapung/mengambang.
  • Setelah biji yang tenggelam kita pilih kemudian kita bungkus dengan tisu atau koran basah kurang lebih satu minggu untuk proses perkecambahan.
  • Masukkan bungkusan biji tersebut ke dalam besek atau wadah lain dan jaga agar tetap lembab.
  • Setelah satu minggu, benih sudah berkecambah dan siap unutk dipindah ke polybag penyemaian.
  • Pindah kecambah ke polybag persemaian yang telah diisi dengan media tanam berupa tanah, pupuk kompos/ kandang dan arang sekam. Polybag yang biasanya digunakan berukuran 9x10cm.
  • Benih pepaya bisa ditanam pada usia 1-1,5 bulan setelah penyemaian.

Penanaman Pepaya California

cara menanam buah pepaya
cara menanam buah pepaya

Setelah proses penyemaian selesai tahap selanjutnya adalah mempersiapkan lahan yang akan digunakan untuk penanaman. Caranya :

  • Sebelum bibit pepaya ditanam lakukan pengolahan lahan dengan dicangkul atau dibajak untuk menggemburkan tanah. Kemudian buat bedengan dengan lebar 2 m, tinggi 20-30 m, panjang bedengan menyesuaikan dengan bentuk lahan. Jarak antar bedengan kurang lebih 50cm. Jarak tanam pepaya disesuaikan dengan luas tanam.
  1. Penanaman <0,2 H jarak tanam 2x2m
  2. Penanaman 1-5 H jarak tanam 2×2,5m
  3. Penanaman >5 H jarak tanam 3x3m
  • Buat lubang tanam dengan ukuran kurang lebih 50x50x40cm. Biarkan lubang terbuka selama 1-2 minggu.
  • Masukkan pupuk kompos atau pupuk kandang sebanyak 20kg perlubang. Masukkan kembali tanah bekas galian dan biarkan selama 1-2 minggu.
  • Jika ph tanah di bawah 5 atau tanah dalam kondisi asam beri kapur dolomit dengan takaran 1kg perlubang atau 1-2 ton per hektar. Pemberian dolomit dilakukan 2 minggu sebelum tanam.
  • Setelah persiapan lubang tanam selesai, bibit siap untuk ditanam. Lakukan penyiraman secara rutin pagi atau sore sampai tanaman berumur 1,5 sejak tanam.
  • Ada kebiasaan yang sering dilakukan petani, yaitu menanam satu bibit dalam satu lubang atau memasukkan dua bibit dalam satu lubang. Penanaman dua bibit dalam satu lubang dimaksudkan unutuk menghindari tumbuhnya pepaya jantan dan betina serta memudahkan penanaman kembali jika bibit mengalami kematian.
  • Pada bulan ke 4 dari masa tanam, pepaya akan berbunga untuk pertama kali. Lakukan seleksi dengan mencabut atau memotong pepaya yang tidak dikehendaki. Dan sisakan satu pepaya sempurna per lubang tanam.

Pemeliharaan Dan Perawatan

Pemeliharaan tanaman pepaya meliputi penyiraman, penyiangan, pemupukan, serta pemangkasan. Tahap ini sangat penting dilakukan untuk menunjang pertumbuhan dan kualitas buah pepaya. Ada beberapa langkah pemeliharaan dan perawatan yang perlu kita lakukan seperti :

Penyiraman

Penyiraman sangat penting dilakukan karena tanaman pepaya membutuhkan asupan air yang cukup agar tidak mengalami kekeringan. Namun juga perlu diperhatikan agar penyiraman tidak berlebihan sampai membuat genangan air di sekitar media tanam. Hal ini dapat berpengaruh terhadap tanaman karena batang pohon bisa busuk sehingga berpengaruh terhadap kondisi buah. Untuk itu lakukan penyiraman secukupnya secara rutin dan tidak membuat genangan air.

Pemupukan

Lakukan pemupukan secara tepat dengan ketentuan:

  1. Pemupukan pertama umur 2 minggu dengan komposisi UREA 30 gr, ZA 40 gr, SP36 40gr, dan KCL 20gr per pohon
  2. Pemupukan kedua umur 1 bulan dengan komposisi UREA 40 gr, SP36 70gr, ZA 70gr, dan KCL 30gr per pohon.
  3. Pemupukan ketiga umur 4 bulan dengan komposisi UREA 45gr ,ZA 80 gr, SP36 80gr, dan KCL 60gr per pohon.
  4. Pemupukan keempat umur 6 bulan dengan komposisi UREA 50gr ,ZA 90 gr, SP36 90gr, dan KCL 70gr per pohon.
  5. Pemupukan selanjutnya dilakukan setiap bulan dengan komposisi UREA 60 gr, SP36 100gr, ZA 100gr,dan KCL 75gr per pohon.

Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan pada tunas-tunas atau dahan-dahan yang mengganggu agar pertumbuhan tanaman bisa lebih optimal.

Pemanenan Pepaya California

pemanenan buah pepaya
pemanenan buah pepaya

Setelah kita mengikuti langkah-langkah penanaman dengan benar kita akan memasuki tahap pemanenan. Pepaya California bisa dipanen pada usia 7-9 bulan dari masa tanam dengan ciri-ciri kulit buahnya yang telah menguning tanda telah matang. Frekuensi panen biasanya 4 kali dalam sebulan.
Dalam satu kali periode panen, tentu kita akan mendapatkan keuntungan besar jika jumlah pohon pepaya California yang kita budidayakan juga semakin banyak. Jadi jangan ragu-ragu untuk memulai bisnis ini dan manfaatkan pekarangan atau kebun yang Anda miliki untuk meraup keuntungan.

Terima kasih telah membaca Panduan Sukses Menanam Pepaya California, Panen Rupiah Dari Varietas Pepaya Termahal semoga bermanfaat. Salam Sukses.

Artikel Menarik Lain:

Langkah Mudah Mencangkok Pepaya Agar Umur Panen Cepat dan Buah Lebat

Tips Cara Menanam Pepaya Agar Tumbuh Pendek dan Berbuah Lebat serta Keuntungannya bagi Petani

[LENGKAP] Panduan Teknis Budidaya Pepaya Agar Cepat Berbuah beserta cara memilih bibit pepaya yang baik

Cara Memilih Bibit Pepaya yang Baik, Tips Menentukan Jenis Kelamin Pepaya Jantan, Betina, dan Banci