cara agar pepaya tumbuh pendek

Tips Cara Menanam Pepaya Agar Tumbuh Pendek dan Berbuah Lebat serta Keuntungannya bagi Petani

Posted on
cara agar pepaya tumbuh pendek
cara agar pepaya tumbuh pendek

Cara Membuat Tanaman Pepaya Tumbuh Pendek

Memiliki pohon pepaya berbatang pendek serta berbuah lebat adalah dambaan setiap petani. Pohon pepaya yang berbatang pendek serta berbuah lebat memiliki beberapa keuntungan seperti batang yang kokoh dan tidak mudah roboh serta memudahkan petani memetik buah ketika panen. Dengan teknologi yang sedang berkembang saat ini, semua itu bukan lagi mustahil.

Berikut ini cara agar tanaman pepaya tumbuh pendek dan berbuah lebat:

cara memangkas tanaman pepaya
cara memangkas tanaman pepaya
  • Pertama, pada usia 1 bulan pangkaslah tanaman pepaya pada bagian kuncup atau pupus daun paling muda. Tujuan dilakukan pemangkasan ini adalah untuk menigkatkan produktifitas tanaman pepaya serta menjadikan batang pepaya menjadi pendek. Selain itu pemangkasan juga dapat memacu hormon pertumbuhan, pembungaan, dan pembuahan.
  • Tunggu kurang lebih 10 hari sampai tunas-tunas baru tumbuh.
  • Setelah tunas tumbuh, potong batang tanaman pepaya. Sisakan tinggi batang pepaya kurang lebih 15 cm dari permukaan tanah.
  • Kemudian biarkan tanaman yang telah kita pangkas selama 7 hari atau sampai muncul lagi tunas tunas yang baru.
  • Setelah masa 7 hari dan tunas telah mulai tumbuh, lakukan penyeleksian tunas.
  • Pilih satu tunas yang kita anggap paling sehat dan paling bagus. Sisanya kita pangkas atau kita buang.
  • Dengan hanya menyisakan satu tunas, maka zat makanan hanya mengalir ke satu tunas sehingga pertumbuhan tanaman lebih cepat dan akan menjadi batang pokok.
  • Pemangkasan juga dapat dilakukan pada tanaman yang sudah tua dan tidak produktif lagi. Sehingga akan tumbuh tunas baru dan dengan tunas muda tersebut tanaman pepaya akan berproduksi lagi.

Sangat mudah bukan….. selamat mencoba.

BACA ARTIKEL TERKAIT LAIN:

 

Gravatar Image
Syahid Bilal, tinggal di daerah Pekalongan-Lampung Timur yang merupakan sentra pembibitan terbesar di daerah Lampung. Sebagai orang yang berhasrat terhadap dunia tulis-menulis dan mengagumi dunia pertanian, berbagi pengetahuan seputar dunia pertanian adalah sebuah kebahagiaan. Salam kenal :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *