cara menanam buah naga dalam pot

Cara Menanam Buah Naga Dalam Pot Yang Benar Agar Cepat Berbuah [9 BULAN LANGSUNG PANEN]

Posted on

Manfaat dan Keuntungan Menanam Buah Naga Dalam Pot

cara menanam buah naga dalam pot
cara menanam buah naga dalam pot

BERTANIORGANIK.COMMenikmati buah naga secara gratis setiap hari bahkan sampai 20 tahun, dan dipetik dari hasil menanam sendiri, pasti rasanya akan sangat nikmat. Apalagi ketika membuka pintu rumah atau pulang dari bekerja, melihat jejeran batang pohon buah naga dengan buah -buah berwarna merah menggantung indah di halaman rumah.

Nah hal itu bukan lagi impian. Kita bisa menikmati segarnya buah naga dengan menanam sendiri di rumah. Tanpa perlu halaman yang luas tanpa perlu perawatan yang rumit. Kita bisa menanamnya dengan sistem menanam buah naga dalam pot atau sering disebut cara menanam buah sistem tabulampot.

Keuntungan menanam buah naga dalam pot selain kita bisa menikmati buahnya serta menghiasi rumah, tanaman ini juga mudah dipindah-pindah sesuai keinginan kita.

 

Langkah-langkah Menanam Buah Naga Dalam Pot

Untuk menanam buah naga dalam pot, langkah-langkahnya adalah:

Siapkan Pot Untuk Buah Naga

pot untuk menanam buah naga
pot untuk menanam buah naga

Anda banyak jenis pot di pasaran yang bisa kita gunakan untuk menanam buah naga. Kita bisa menggunakan berbagai jenis pot dari bahan semen, plastik, tanah liat atau drum bekas yang dipotong. Tetapi berdasar pengalaman, pot yang paling ideal adalah pot dari tanah liat. Karena buah naga membutuhkan perubahan suhu yang drastis dari siang ke malam untuk pembungaan dan pembuahan. Ukuran pot yang akan kita gunakan tergantung keinginan kita, tapi yang paling baik minimal berdiameter 40 cm. Semakin besar pot semakin baik.

Siapkan Tiang Panjatan Untuk Buah Naga

tiang panjatan untuk buah naga
tiang panjatan untuk buah naga

Tanaman buah naga memerlukan tiang panjatan untuk menopang tubuhnya agar tidak roboh. Tiang panjatan harus dipilih dari bahan yang kuat karena tiang ini nantinya akan dililit akar udara dan akan menopang beberapa cabang produksi yang berat. Namun perlu juga diperhatikan jangan sampai pot tidak mampu menahan beban berat tiang panjatan.

Tiang panjatan bisa dibuat dari besi beton berdiameter 8-10cm atau bisa menggunakan balok kayu yang kuat dan tahan lama, karena usia buah naga bisa puluhan tahun. Tinggi tiang kurang lebih 150-200cm disesuaikan dengan besar pot.

Media Tanam Untuk Buah Naga

media tanam buah naga dalam pot
media tanam buah naga dalam pot

Setelah selesai kita menyiapkan tiang panjatan untuk buah naga selanjutnya kita menyiapkan media tanam. Siapkan media tanam berupa pasir, tanah, pupuk kandang dan pupuk kompos. Campurkan bahan-bahan tersebut dengan perbandingan 2:1:3:1. Bisa juga ditambahkan bubuk batu bata merah secukupnya dan kapur dolomit yang bisa dibeli di toko pertanian sebanyak 100gr. Kapur dolomit gunannya unutk menjaga keasaman tanah. Setelah itu masukkan media tanam ke dalam pot dan siram hingga jenuh. Biarkan media tanam selama sehari semalam.

Pananaman Bibit Buah Naga

menanam buah naga
menanam buah naga

Untuk penanaman bibit sebaiknya pilih bibit yang besar, dari batang yang sudah tua berwarna hujau tua keabu-abuan dan bebas penyakit. Panjang bibit yang akan ditanam minimal 30 cm.

Tanam bibit di sekitar tiang panjatan dengan kedalaman 10cm. Jangan menanam terlalu dalam karena nanti pertumbuhannya kurang bagus. Setelah ditanam, tekan tekan media tanam agar bibit menancap dengan kuat dan tidak mudah roboh. Setelah penanaman selesai siram dengan air dan bawa ketempat terbuka yang terkena sinar matahari.

Perawatan Buah Nagascreenshot_85

Perawatan buah naga berupa pemupukan, penyiraman, penyiangan dan pemangkasan cabang yang tidak diperlukan. Jagalah agar tanaman buah naga menempel dengan baik pada tiang panjatan dan tidak roboh. Caranya ikat batang buah naga dengan tali kawat membentuk simpul angka 8. Jangan mengikat terlalu kuat agar batang tidak rusak seiring dengan pertumbuhannya yang semakin besar.

Usia produktif buah naga antara 15-20 tahun. Buah naga dapat mulai dipanen pada bulan ke 9-12 dari mulai tanam. Jika ukuran bibitnya kecil panen pertamanya bisa 1,5-2 tahun dari masa tanam.

Cara menanam buah naga dalam pot sangat mudah bukan, silakan dicoba dirumah. Dan nikmati buah naga setiap hari.

Gravatar Image
Syahid Bilal, tinggal di daerah Pekalongan-Lampung Timur yang merupakan sentra pembibitan terbesar di daerah Lampung. Sebagai orang yang berhasrat terhadap dunia tulis-menulis dan mengagumi dunia pertanian, berbagi pengetahuan seputar dunia pertanian adalah sebuah kebahagiaan. Salam kenal :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *