Ternak itik Modern: Ternak Itik Tanpa Air, Strategi Baru Melipat Gandakan Produksi Telur

Pengertian Beternak Itik Tanpa Air

ternak itik tanpa air
ternak itik tanpa air

WWW.BERTANIORGANIK.COM Ternak Itik Tanpa Air, Strategi Baru Melipat Gandakan Produksi Telur–Umumnya masyarakat masih berpikir bahwa beternak itik petelur itu harus ada sumber air yang banyak, harus membuat kolam yang lebar untuk mandi bebek, harus dekat sungai, danau, rawa dan sebagainya. Akibatnya banyak orang yang enggan beternak bebek karena takut tidak ada air, takut kemarau, jauh dari sungai dll.

 Nah dari berbagai pengalaman, beternak itik itu tidak harus menggunakan banyak air, tidak harus membuat kolam. Dengan sistem beternak itik modern, kita bisa mengatasi itu semua. Bahkan berpotensi menaikkan angka produksi telur itik.

Salah satu caranya adalah dengan memelihara itik secara intensif atau yang biasa dikenal dengan sistem beternak itik tanpa air. Maksud dari beternak itik tanpa air adalah bukan berarti itik tidak diberi air sama sekali, namun penggunaan air sangatlah terbatas. Dalam sistem beternak itik tanpa air, air hanya digunakan untuk minum, mencampur pakan, membersihkan kandang, disinfeksi kandang, atau disediakan terbatas pada kolam yang berfungsi untuk kawin pada pemeliharaan itik yang menghasilkan telur tetas. Metode ternak itik tanpa air juga sangat cocok diterapkan pada pemeliharaan itik pejantan (pembesaran) atau ternak itik yang bertujuan menghasilkan daging.

Cara Beternak Itik Tanpa Air dan Keuntungannya

kandang kering
kandang kering

Metode beternak itik tanpa air dilakukan dengan cara mengandangkan itik selama pemeliharaan (itik tidak diumbar). Pakan itik disediakan peternak di dalam kandang dengan formulasi kandungan yang sesuai dengan kebutuhan itik dan tujuan produksinya, apakah untuk menghasilkan telur atau daging.

Sepintas mungkin biaya yang dikeluarkan peternak terlihat besar. Namun hal itu akan sebanding dengan hasil yang didapat, karena ada peningkatan produktivitas itik. Sebagai perbandingan, berdasarkan penelitian satu ekor itik yang dipelihara secara tradisional dapat menghasilkan telur kurang lebih 130 ekor per tahun, sedangkan itik yang dipelihara secara intensif atau tanpa air dapat menghasilkan telur antara 200 – 250 per tahun.

Selain itu dari sisi ekonomis, itik yang dipelihara secara intensif atau tanpa air dapat menghemat waktu dan tenaga. Sebagai gambaran, seorang peternak yang beternak dengan sistem penggembalaan hanya mampu merawat atau mengawasi kurang lebih 100 ekor itik. Sedangkan dengan sistem tanpa air seorang peternak dapat merawat 1000 ekor lebih.

Semoga dengan metode Ternak Itik Modern: Ternak Itik Tanpa Air, Strategi Baru Melipat Gandakan Produksi Telur dapat meningkatkan hasil produksi telur kita.

BACA JUGA:

  • [BISNIS MENJANJIKAN] Cara Beternak Bebek Petelur yang Baik Bagi Pemula Tanpa Air