[PANDUAN LENGKAP] Cara Membuat Kandang Itik Petelur yang Baik dan Benar Tanpa Bau

Membuat Kandang Itik Petelur yang Benar

cara beternak bebek
cara beternak bebek

WWW.BERTANIORGANIK.COM. Cara Membuat Kandang Itik Petelur yang Baik dan Benar Tanpa Bau.Salah satu faktor keberhasilan beternak itik petelur adalah kandang. Memperhatikan kondisi kandang sangat penting bagi proses beternak itik. Ibarat manusia kandang itik merupakan rumah bagi itik-itik peliharaan kita. Untuk itu kandang harus benar-benar memberi manfaat bagi itik. Kandang selain melindungi itik dari panas dan hujan, juga harus memberi rasa nyaman bagi itik, serta melindungi itik dari serangan hama dan penyakit. Selain itu bentuk dan kondisi kandang pun harus dibuat secara tepat agar memudahkan pemiliknya dalam melakukan perawatan.

Baca: [BISNIS MENJANJIKAN] Cara Beternak Bebek Petelur yang Baik Bagi Pemula Tanpa Air

Syarat Kandang itik yang ideal

  • Lokasi Kandang
  1. Lokasi yang ideal untuk beternak itik adalah lokasi yang jauh dari keramaian atau suara bising.
  2. Transportasi yang mudah, baik untuk perawatan maupun pengangkutan hasil produksi.
  3. Mudah mendapatkan air bersih serta dekat dengan sarana dan prasarana.
  4. Aman dari binatang pengganggu atau orang.
  • Bangunan Kandang

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan bangunan kandang antara lain :

    1. Atap bangunan, atap harus mampu menahan panas matahari dan tampisan hujan. Atap yang terbaik adalah genting, karena selain mampu melindungi panas dan hujan, atap genting juga sangat awet hingga bertahun-tahun. Model atap seyogyanya didesain sedemikian rupa untuk mengurangi bau dan panas di dalam kandang.
    2. Arah bangunan,buat bangunan kandang dengan mengarah ke timur atau matahari terbit, hal ini bertujuan agar sinar matahari pagi dapat masuk ke dalam kandang. Sehingga ruangan kandang menjadi terang dan sehat, serta lantai kandang tetap kering.
    3. Luas kandang, luas kandang berhubungan erat dengan efisiensi penggunaan pakan. Luas kandang yang terlalu lebar sangat tidak efisien, karena energy yang semestinya untuk menghasilkan telur terbuang untuk berlarian kesana kemari atau aktifitas lainnya. Buatlah kandang yang ekonomis. Artinya kandang tidak harus mahal asal memenuhi syarat perkandangan yang baik.
    4. Tutup dinding kandang,buatlah dinding kandang dengan tembok/bambu setinggi 60 cm dari lantai, sedangkan sisanya dibiarkan terbuka, cukup ditutup dengan kawat atau bilah-bilah bambu.
    5. Ukuran Kandang, buat sekat kandang dengan memperhatikan kepadatan kandang. Ukuran kepadatan kandang untuk itik petelur maksimal 4 ekor/m2 dan kalau bisa per kelompok hanya terdiri dari 50 ekor itik masa produksi. Buatlah tinggi kandang tidak kurang dari 2 meter, sehingga kita tidak perlu merunduk ketika melakukan pekerjaan di dalam kandang.

Baca: [LENGKAP] Cara Menetaskan Telur Bebek Secara Cepat dan Optimal

Tipe Kandang Bebek Petelur

Kandang Baterai

tipe kandang baterai
tipe kandang baterai

Kandang baterai disebut juga kandang kurungan atau kandang box. Dari segi bentuk, kandang baterai hampir mirip dengan kandang ayam petelur. Dalam kandang baterai, setiap satu kandang di isi 1 ekor itik dewasa. Ukuran kandang baterai biasanya kurang lebih 50 x 50 x 45 (cm). Kandang baterai bisa dibangun berkelompok dihuni 5 ekor itik asalkan kandang lebih luas. Kandang baterai bisa dibuat dari rangka kawat atau bisa juga dari bilah bambu.

Kelemahan sistem kandang baterai adalah biaya investasi lebih mahal. Hal ini karena selain biaya untuk pembuatan kandang juga dibutuhkan biaya untuk pengadaan inseminator (ahli inseminasi buatan). Karena perkawinan itik yang tinggal kandang baterai dilakukan secara inseminasi buatan.

Keuntungan sistem kandang baterai adalah produktivitas itik lebih terkontrol dan pengendalian penyakit lebih terjaga. Untuk pengambilan telur pun lebih mudah karena tempatnya terbatas.

Tapi saat ini sudah jarang peternak itik layer yang menggunakan kandang baterai. Umumnya kandang baterai digunakan untuk itik starter.

Kandang Postal

kandang postal
kandang postal

Berbeda dengan kandang baterai, kandang postal bisa diisi lebih dari satu itik. Untuk satu kandang, populasi itik bisa ratusan hingga ribuan ekor tergantung luas kandang yang dibuat. Tempat makan dan minum itik berada di dalam kandang, jadi lebih menghemat tempat. Tinggi kandang tidak lebih dari 2 meter, tujuannya unutk mempermudah saat panen telur, pembersihan kandang dan pemberian pakan. Kandang model postal biasanya digunakan untuk itik grower.

Kandang Ranch

kandang ranch/ rak
kandang ranch/ rak

Kandang ranch atau kandang rak adalah tipe kandang yang sering digunakan saat ini. Kandang ranch atau kandang rak adalah modifikasi dari kandang postal, yakni dengan ditambah tempat umbaran atau tempat bermain. Makanya tipe kandang ini sering juga disebut kandang umbaran. Tipe kandang ranch juga diberi kolam sebagai tempat itik membersihkan diri atau sekedar tempat mendinginkan tubuh di siang hari. Tipe kandang ranch ini tepat untuk pemeliharaan itik petelur dewasa.

Tipe Kandang Itik Berdasar Keadaannya

Kandang Basah

kandang basah
kandang basah

Kandang basah artinya terdapat tempat khusus berupa kolam untuk aktifitas mandi, berenang, dan membantu proses perkawinan. Sistem kandang basah sangat baik digunakan unutk tipe telur tetas, yaitu produksi telur bebek untuk ditetaskan. Sedangkan untuk itik petelur, kolam sebaiknya jangan terlalu luas agar itik tak terlalu banyak mengeluarkan energi. Sehingga energi itik dapat dialokasikan unutk menghasilkan telur lebih banyak. Untuk kandang basah jarak antara kandang dengan kolam kurang lebih 2-3 m. Tujuannya supaya kandang tidak terlalu basah ketika itik masuk setelah melakukan aktivitas di kolam. Kandang yang terlalu basah akan cepat berbau dan berisiko terserang penyakit.

Kandang kering

kandang kering
kandang kering

Jenis kandang kering membatasi aktivitas itik terhadap air. Air bagi itik hanya sekedar untuk mencuci muka dan minum. Jadi energi itik dari pakan hanya digunakan unutk memproduksi telur. Kelebihan lain dari tipe kandang ini adalah aroma kotoran itik dapat diminimalisir.

Baca: [LENGKAP] Jenis jenis Penyakit Pada Itik, Penyebab dan Cara Pengobatannya

Cara Memodifikasi Kandang Itik

screenshot_53Pemeliharaan itik di daerah beriklim basah membutuhkan perhatian lebih. Kondisi kehangatan kandang benar-benar harus dijaga. Itik yang stress karena kedinginan bisa menyebabkan itik menjadi mogok bertelur atau produktivitasnya menurun. Untuk itu kandang bisa dimodifikasi dengan membuat kandang panggung.

Sistem panggung membuat kondisi kandang lebih hangat karena lantai tidak bersentuhan langsung dengan tanah. Untuk tempat makan dan minum disediakan di depan kandang. Itik pun masih tetap bisa makan dengan cara meneroboskan lehernya lewat lubang kandang.

Kepadatan Kandang

Ukuran kandang bebek sebaiknya disesuaikan dengan populasi itik, jika kandang lebar tapi jumlah itik masih sedikit, kandang bisa dibuatkan sekat. Kapasitas juga perlu diperhatikan, jangan sampai terlalu padat. Sesuaikan ukuran dengan luas kandang dan umur itik.

  • Itik umur 1 minggu, 25 ekor/m2
  • Umur 2-3 minggu, 18 ekor/m2
  • Umur 4-6 minggu, 10 ekor/m2
  • Umur 2-3 bulan, 8 ekor/m2
  • Itik dewasa umur 3 bulan keatas 4 ekor/m2

Demikian [PANDUAN LENGKAP] Cara Membuat Kandang Itik Petelur yang Baik dan Benar Tanpa Bau. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA: