[BISNIS MENJANJIKAN] Cara Beternak Bebek Petelur yang Baik Bagi Pemula Tanpa Air

Cara Beternak Bebek Petelur Bagi Pemula

cara beternak bebek yang baik
cara beternak bebek yang baik

WWW.BERTANIORGANIK.COM.[BISNIS MENJANJIKAN] Cara Beternak Bebek Petelur yang Baik Bagi Pemula Tanpa AirBeternak bebek petelur atau beternak itik petelur memang sudah lama dikenal masyarakat. Secara bisnis prosepeknya pun masih sangat menggiurkan. Karena jumlah peternak bebek saat ini masih belum sebanding dengan kebutuhan akan telur bebek.

Umumnya masyarakat masih memelihara bebek secara tradisional. Karena masih dilakukan dengan cara menggiring ke tempat-tempat yang diyakini banyak sumber pangan, seperti sawah yang baru dipanen, sungai, dan danau. Dengan cara ini memang dapat menekan biaya pakan namun sangat tidak efektif karena membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih. Selain dengan cara digembalakan, sebagian besar peternak juga masih mengandalkan mencari keong sebagai pakan utama bebek.

Biasanya masyarakat juga masih menjadikan ternak bebek sebagai usaha sampingan pengisi waktu luang. Akibatnya dari sisi penghasilan masih belum sebanding dengan biaya dan tenaga yang harus dikeluarkan. Karena bagaimanapun baik beternak bebek secara intensif maupun sebagai sampingan tetap memerlukan tenaga, biaya pakan, perawatan dan lain-lain.

Nah untuk memulai beternak bebek secara intensif ada beberapa langkah yang harus dilakukan:

Langkah-langkah Beternak Bebek

Persiapan Kandang

Kandang yang baik untuk bebek petelur harus memenuhi syarat berikut :

  • Suhu di dalam kandang antara 35 sampai 40 derajat celcius.
  • Ukuran kelembaban untuk kandang adalah sebanyak 60%.
  • Cukup penerangan pada setiap sudut kandang.
  • Jauh dari keramaian.
  • Tersedia cukup sarana kebutuhan makan dan minum.

Pembibitan

Salah satu kunci sukses beternak bebek juga ada pada pembibitannya. Karena itu pilihlah bibit yang benar-benar unggul dan terbukti kualitasnya.

Ada tiga cara dalam proses pembibitan:

  • Dengan cara membeli telur dan menetaskannya sendiri.
  • Yang kedua membeli itik yang siap bertelur.
  • Yang ketiga dengan cara membeli DOD. Jika kita memutuskan membeli bibit DOD pastikan bibit yang kita beli terjamin kualitasnya. Idealnya itik akan mulai bertelur saat usia 3 bulan dari DOD.

Perawatan

Setelah kita mendapatkan bibit yang berkualitas, selanjutnya kita masuk ke fase perawatan. Bibit bebek petelur telah kita dapatkan seperti starter DOD yang unggul, segera kita masukkan ke dalam kandang indukan.

Jagalah temperatur kandang agar merata dan dapat mencapai sudut-sudut kandang. Perhatikan daya tampung kandang dengan jumlah bibit yang mau dimasukkqn. Batas maksimal 1 meter persegi mampu menampung kurang lebih 50 ekor bibit saja.

Jangan lupa untuk memberi makan bebek secara teratur dan sesuai dosis yang pas. Pemberian pakan harus sesuai dengan usia bebek, jika bebek masih starter atau bakalan berilah vitamin dan mineral yang banyak ke dalam air minumnya untuk menjaga ketahanan bebek petelur dari serangan hama dan penyakit dan juga stres.

Berilah pakan sesuai fase dan usia bebek. Fase ini biasanya terbagi menjadi tiga fase yaitu starter, grower, dan layer.

  • Pada fase starter yaitu usia bebek 0 sampai 2 minggu, kita berikan makanan pada wadah yang rata atau tray. Jika usia di atas dua minggu, kita sudah bisa menaburkan pakan dilantai.
  • Pada grower yaitu usia 3 minggu hingga 1 bulan, bebek akan terbiasa dengan pakan yang ditabur di lantai.
  • Pada masa layer yaitu saat usia bebek diatas dua bulan, maka bebek sudah bisa dikenalkan pada pakan buatan khusus agar bebek dapat mendapat nutrisi yang baik dan mulai memproduksi telur. Pakan khusus ini biasanya berbentuk ransum yang terbuat dari berbagai campuran. Misalnya campuran jagung, dedak padi, bungkil kedelai, bungkil kelapa, dll.

Setelah selesai masa pemberian ransum,sekitar usia 3 bulan bebek petelur bisa diberi makan secara ad libitum yang disesuaikan dengan kebutuhan produksi.

Pemanenan

Pada usia dua bulan bebek sudah mulai bertelur. Biasanya bebek bertelur saat dini hari. Kita bisa memanennya setelah melewati hal itu atau sekitar jam 6 pagi.

Segera pasarkan telur atau bisa dibuat telur asin. Karena telur tidak mungkin disimpan terlalu lama.

Demikian artikel [BISNIS MENJANJIKAN] Cara Beternak Bebek Petelur yang Baik Bagi Pemula Tanpa Airsemoga bermanfaat.

BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT