Tips Cara Ampuh Mengatasi Hama Wereng Menggunakan Musuh Alami

Mengenal Hama Wereng dan Jenis-jenisnya

screenshot_29

bertaniorganik.com – Cara Ampuh Mengatasi Hama Wereng Menggunakan Musuh Alami –Sahabat petani, akhir-akhir ini hama wereng menjadi salah satu hama yang paling ditakuti setelah hama tikus. Hal ini karena sulitnya para petani mengendalikan serangan hama wereng yang makin meluas. Padahal berbagai cara sudah dilakukan, mulai dari penggunaan pestisida berdosis tinggi sampai penggunaan solar dan oli bekas di beberapa daerah. Tapi sepertinya perlakuan apapun tidak menunjukkan hasil yang signifikan, hama wereng bukan semakin berkurang namun justru semakin kebal dan serangannya semakin meluas.

hama wereng coklat
hama wereng coklat

Ada beberapa jenis hama wereng, diantaranya:

  • Wereng Coklat (Nilaparvata Lugens),
wereng coklat (Nilaparvata Lugens)
wereng coklat (Nilaparvata Lugens)
  • Wereng Loreng (Recilia Dorsalis)
wereng loreng (recilia dorcalis)
wereng loreng (recilia dorcalis)
  • Wereng Hijau (Nephotettix Virescens).
wereng hijau (Nephotettix Virescens)
wereng hijau (Nephotettix Virescens)
  • Wereng Punggung Putih (Sogatella Furcifera)
wereng punggung putih (sogatella furcifera)
wereng punggung putih (sogatella furcifera)

Mengapa Wereng Wereng Tersebut Sangat Susah Dikendalikan?

  1. Terdapat kesalahan pengendalian oleh petani. Biasanya para petani baru mengetahui serangan wereng setelah terjadi serangan parah. Tanaman padi yang sudah memerah bahkan terlanjur kering menyebabkan hama wereng sangat sulit dikendalikan. Hal ini karena ini karena intensitas penyebaran wereng sudah sangat luas dan padi yang sudah terlanjur kering tidak mungkin dihijaukan kembali.

    serangan hama wereng pada tanaman padi
    serangan hama wereng pada tanaman padi
  2. Kesalahan penggunaan pestisida. Menurut Dosen Proteksi Tanaman IPB, Nina Maryana, hama seperti wereng memiliki genetik dan ketahanan terhadap pestisida yang bervariasi. Kekebalannya biasanya diturunkan  ke  generasi selanjutnya. Jadi jika petani menyem­protkan pestisida, maka populasi yang memiliki kekebalan tinggi tidak mati. Justru yang ter­jadi malah menghasilkan ketu­runan yang lebih kebal terhadap pestisida. Akibatnya bisa terjadi ledakan populasi hama wereng. Selain itu, masih menurutnya, penggunaan pestisida yang tidak bijak juga menekan bahkan mematikan pengendali alami dari hama tersebut.
  3. Faktor lain yang menyebabkan terjadi ledakan hama dan penyakit berdasarkan hasil kajian Tim Klinik Tanaman Departemen Proteksi Tanaman Fakultas Pertanian IPB di 25 kabupaten di Pulau Jawa, adalah karena petani tidak mengembalikan je­rami ke sawah. Akibatnya bahan organik tanah kurang. Sedangkan kandungan N tunggal sangat besar karena adanya pemberian pupuk sintetik yang berlebihan. Kondisi tersebut diduga kuat menyebabkan serangan OPT seperti wereng batang cokelat, penyakit kresek, busuk pelepah dan busuk leher.

          Berikut ini cara membasmi hama wereng pada tanaman padi. Silakan disimak

Cara Mengendalikan Hama Wereng Pada Tanaman Padi

Untuk mengendalikan hama wereng, menurut Nina Maryana, sebaiknya tidak hanya dilakukan setelah proses tanam padi. Tapi jauh sebelum proses tanam, seperti penggunaan bibit unggul  tersertifikasi hingga monitoring setiap fase pertumbuhan.

  1. Gunakan bibit unggul tersertifikasi.
  2. Menjaga unsur hara tanah dan mengurangi kandungan N tunggal dengan memasukkan kembali jerami ke sawah.
  3. Guna menekan hama wereng kita bisa menumbuhkan jenis parasit pe­mang­sa. Parasit ini nanti akan mele­takkan telur di telurnya wereng, sehingga saat menetas, parasit ini akan memangsa telur sehingga tidak akan menjadi wereng. Untuk mendatangkan parasit alami hama wereng ini kita bisa menanam bunga aneka warna atau menanam tanaman wijen dipematang sawah.screenshot_30
  4. Selain itu kita juga bisa mengendalikan hama wereng dengan menggunakan pestisida organik atau pestisida alami.

Demikian pengendalian hama wereng menggunakan musuh alami semoga bermanfaat.

BACA JUGA